Jumat, 18 Mei 2012

Faktor Keutamaan Gedung


Pengaruh Gempa Rencana harus dikalikan dengan suatu Faktor Keutamaan (I) menurut persamaan :
I = I1.I2
Dimana I1 adalah Faktor Keutamaan untuk menyesuaikan periode ulang gempa berkaitan dengan penyesuaian probabilitas terjadinya gempa selama umur rencana dari gedung. Sedangkan I2 adalah Faktor Keutamaan untuk menyesuaikan umur rencana dari gedung tersebut (SNI 03-1726, 2003). 
Besarnya beban Gempa Rencana yang direncanakan untuk berbagai kategori bangunan gedung, tergantung pada probabilitas terjadinya keruntuhan struktur bangunan selama umur rencana yang diharapkan. Karena gedung perkantoran merupakan bangunan yang memiliki fungsi biasa, serta dengan asumsi probabilitas terjadinya gempa tersebut selama kurun waktu umur gedung adalah 10 %, maka berlaku I1 = 1,0.
Gedung-gedung dengan jumlah tingkat sampai 10 lantai, pada umumnya mempunyai umur kurang dari 50 tahun, sehingga I2 < 1 hal ini disebabkan karena periode ulang gempa kurang dari 500 tahun. Gedung-gedung dengan jumlah tingkat lebih dari 30 lantai, monumen dan bangunan monumental, mempunyai masa layan yang panjang, sehingga I2 > 1 karena periode ulang gempa tersebut adalah lebih dari 500 tahun. Pada contoh ini, bangunan perkantoran direncanakan mempunyai umur rencana 50 tahun, dengan demikian I2 = 1. Untuk bangunan gedung perkantoran dari Tabel dibawah didapatkan harga Faktor Keutamaan I = 1.

Faktor Keutamaan Gedung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar